Keindahan Pantai Siung


    Nah, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Pantai Siung. Lumayan nih buat artikel sambil merem melek karena sudah sangat ngantuk dan terlalu kecapean :D haha
    Sebelumnya pasti kalian akan bertanya-tanya, di mana toh Pantai Siung itu berada ?
Disini lah akan saya bahas :)
Simak saja nih,
   Pantai Siung adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul. Lebih tepatnya lagi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jarak lokasinya kalau dari Kota Jogja kurang lebih 77 km dan mempunyai lokasi wisata petualangan panjat tebing dengan 250 jalur berstandar internasional.
Di sepanjang perjalanan menuju lokasi Pantai Siung, kalian akan melihat pemandangan bukit kapur yang ditumbuhi pohon-pohon jati. Wah, pokoknya enak banget deh, pemandangan asri buanget :) . Yang perlu kalian pahami adalah, jalannya berkelok-kelok dan naik turun, ini merupakan tantangan yang harus kalian lewati sebelum bisa mencapai Pantai Siung ini. Akan tetapi, perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar ketika kalian sudah berada di kawasan Pantai Siung. Pantai dengan hamparan pasir putih dan suara deburan ombak, akan membuat suasana hati dan pikiran kalian tenang dan damai.
   Perlu kalian ketahui, karena pantai ini sangat terpencil di kawasan pesisir Gunungkidul, fasilitas yang tersedia pun masih sangat minim, hanya tersedia tempat parkir luas, toilet, dan warung. Untuk akomodasi hotel tidak tersedia di sini, tapi jika kalian ingin bermalam di Pantai Siung ini, kalian bisa menggunakan pondok pemanjat yang bentuknya mirip rumah panggung dengan kapasitas yang kurang lebih sekitar 20 orang. Jika kalian ingin bermalam dengan suasana alam, kalian juga bisa membawa tenda sendiri yang bisa digunakan di sekitar tebing-tebing.
   Jika kalian datang dari arah Kota Jogja, kalian bisa menggunakan jalur Jogja – Wonosari – Tepus – Purwodadi – Wates (Pantai Siung). Jika kalian pakai transportasi umum, kalian bisa juga menggunakan bus dari Terminal Giwangan Jogja dengan tujuan Jogja - Wonosari. Sampai di terminal Wonosari, kalian dapat menggunakan angkutan umum jurusan Wonosari - Tepus. Sampai di terminal Tepus, kalian bisa menggunakan jasa ojek, karena hanya itu transportasi umum yang bisa digunakan untuk bisa sampai ke Pantai Siung ini.

Oh iya, ini dia potret-potret pemandangan saat berada di pantai Siung. Dan ini adalah pengalaman yang tak kan pernah saya lupakan karena saya bisa bersama-sama teman-teman vespa :)
Pemandangan pantai dari bawah






Pemandangan pantai dari atas bukit







Saran saya :
-  Sebelum pergi, harap cek / periksa fisik kendaraan, kelengkapan surat-surat kendaraan kalian karena di kawasan Gunungkidul sendiri terkadang ada razia kendaraan bermotor.
-  Bawalah peralatan kendaraan, seperti kunci pas, obeng, tang, cadangan ban dalam, tip buat nambal ban sementara, pompa, dll. (ribet yah ?) itu demi keselamatan kalian sendiri. Mau pakai atau nggak tidak apa-apa, saya cuma sekedar mengingatkan.
-  Jangan mencoba-coba pergi sendiri saat sore atau malam hari, mungkin karena banyak bahaya mengintai mengingat jalannya sepi sunyi, berkelok-kelok naik turun, tikungan tajam, minim rambu-rambu dan penerangan.
-  Bila terjadi hujan, kurangi kecepatan dan jangan ugal-ugalan. Jalan licin.
-  Apabila terpaksa ingin ke sana, ada baiknya jika kalian rombongan berbonceng-boncengan.
-  Berdo’alah pada Yang Kuasa agar kita selalu berada di dalam lindungan-Nya.
-  Kalau mau hemat, persiapkan bekal, bawa nasi sendiri dari rumah daripada jajan.
-  Terlalu ribet yah ? Pentingkan keselamatan dan keamanan bro :)

Yang berminat monggo silahkan datang :)
PATUHILAH PERATURAN, SALKOMSEL [SALAM KOMPAK SELALU], DAN SEMOGA SUKSES, SEMOGA SELAMAT SAMPAI TUJUAN

No comments:

Post a Comment