Kritis Dan Fokus Dalam Kehidupan

Kali ini aku akan membahas soal agama. Lebih tepatnya soal akhlak atau perilaku, biasanya cuma hiburan mulu nih :D haha
Langsung simak saja nih,
Manusia merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dengan sebaik-baik bentuk dibandingkan dengan makhluk yang lain. Berbeda dengan makhluk yang lainnya, manusia diberikan akal oleh Allah SWT. Akal tersebut diberikan kepada manusia agar ia bisa berfikir. Berfikir yang di maksudkan adalah berfikir memahami dan merenungi segala apa yang diciptakan oleh Allah SWT.
Konsep Kritis dan Fokus dalam kehidupan di bagi menjadi tiga :
-  Pengertian berfikir kritis dan fokus
-  Dalil tentang berfikir kritis dan fokus
-  Hikmah berfikir kritis dan fokus
Nah, aku akan menjelaskan satu persatunya, mulai dari pengertian sampai hikmahnya. Simak saja :)
A.   Pengertian Berfikir Kritis dan Fokus
Dalam KBBI (KamusBesar Bahasa Indonesia) dijelaskan, bahwa berfikir kritis itu artinya tajam dalam penganalisaan, bersifat tidak lekas percaya, dan sifat selalu berusaha menemukan kesalahan, kekeliruan atau kekurangan. Orang yang ahli dalam memberikan kritik atau memberikan pertimbangan apakah sesuatu itu benar atau salah, tepat atau tidak disebut orang kritikus.
Kritik yang diperbolehkan oleh agama Islam adalah kritik yang sehat, yang didasari dengan niat ikhlas karena Allah SWT, tidak menggunakan kata-kata pedas yang menyakiti hati, dan dengan maksud untuk memberikan bantuan atau pertolongan kepada orang yang di kritik agar menyadari kesalahannya dan kekurangannya, dan memberikan petunjuk tentang jalan keluar dari kesalahan, dan kekurangan tersebut.
Sedangkan kata fokus dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) berarti tempat objek itu berada. Maksud pengertian tersebut adalah objek yang merupakan tujuan utama. Dengan fokus, maka apa yang kita lakukan akan sesuai dengan target yang kita inginkan.
Pengertian di atas memberikan gambaran bagi kita bahwa jika seseorang mampu berfikir kritis itu dikarenakan dirinya mampu untuk fokus. Oleh sebab itu fokus sangat dibutuhkan dalam berfikir kritis.

B.    Dalil Tentang Berfikir Kritis dan Fokus
Berkaitan dengan berfikir kritis dan fokus, Allah SWT telah menyebutkan dalam Al-Qur’an. Ayat-ayat yang menyerukan untuk berfikir dan penggunaan akal sebagai kekuatan alami yang dimiliki manusia, di antaranya adalah Qur’an surat An-Nahl ayat 12
Artinya : “Dan dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami (Nya)” (Q.S. An-Nahl (16) : 12)

C.    Hikmah Berfikir Kritis dan Fokus
-  Menjadikan diri kita berfikir tidak menyimpang dari permasalahan
-  Mampu berfikir cermat
-  Tidak mudah untuk dibohongi
-  Selektif dalam menerima informasi

D.   Kisah Teladan

Gunakan Akal Untuk Fokus

Ilmu pengetahuan akan membuka diri hanya kepada orang-orang yang dengan sepenuh hati menyerahkan diri kepada ilmu yang mendekatinya dengan pikiran yang bersih dan wawasan yang jernih, yang memohon pertolongan Allah semata dan memfokuskan perhatian pada ilmu, yang selalu siap sedia meski dalam keadaan letih dan lelah, yang melewatkan malam-malam tanpa tidur, meniti dari dasar yang terdalam, mendaki ke puncak yang tertinggi. Ilmu tidak akan membuka diri pada orang-orang yang mengejarnya tanpa tujuan yang jelas dan upaya yang terencana, atau orang yang mirip unta buta, berjalan meraba-raba di kegelapan. Seorang pencari ilmu tidak boleh menyerah kepada kebiasaan yang buruk atau membiarkan dirinya tersesat oleh rayuan nafsu yang keji. (M Ebrahim Khan, Kisah-kisah Teladan)

E.    Glosarium
Ø  Berfikir kritis itu artinya tajam dalam penganalisaan, bersifat tidak lekas percaya, dan sifat selalu berusaha menemukan kesalahan, kekeliruan atau kekurangan.
Ø  Fokus berarti memusatkan perhatian pada kegiatan / objek tertentu

Sekian dulu artikelnya, terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel yang akan datang :)

No comments:

Post a Comment