Berbagai Jenis Lensa Kamera


Lensa adalah salah satu komponen paling penting dalam sebuah kamera. Berfungsi untuk memfokuskan obyek foto pada alat penangkap sensor cahaya. Lensa kamera terdiri dari berbagai jenis, berikut diantaranya:
1.
Lensa Standar atau lensa normal. Lensa ini berukuran 50 mm dan memberikan karakter bidikan yang natural. Lensa ini sama dengan pandangan mata manusia.  Jarak foto tidak terlalu jauh ataupun tidak terlalu pendek. Pas untuk foto yang sering dipakai sehari-hari dalam berbagai keperluan.
2.
Lensa Wide (lensa sudut lebar). Ukuran lensa ini banyak ragamnya mulai dari 17 mm, 24 mm, 28 mm, dan 35 mm. Lensa wide berfungsi untuk mengambil sebuah gambar yang memiliki area yang luas dan sudut padang lebar. Untuk penggemar panorama alam dan pemandangan, biasanya memilih lensa ini.
3.
Lensa Fish Eye. Berdiameter 14 mm, 15 mm, dan 16 mm. Lensa ini memberikan pandangan 180 derajat. Gambar yang dihasilkan melengkung atau melingkar. Lensa ini biasa digunakan untuk memotret film skateboarding, karena sleuruh adegan selalu fokus sehingga akan dengan mudah menangkap seluruh trik tanpa terlalu banyak gerakan.
4.
Lensa Tilt-Shift. Lensa ini digunakan dalam dunia arsitektur fotografi, seperti untuk memotreta gedung. Lensa ini dapat membuat foto terlihat seperti miniatur.
5.
Lensa Tele. Lensa ini kebalikan dari lensa sudut lebar dengan ukuran 70 mm ke atas, sekitar 100mm/200mm/300mm/800mm. Berfungsi untuk mengambil gambar dari jarak jauh. Karena jarak dari CCD ke lensa sangat jauh, maka pengambilan gambar dapat jauh sekali. Biasanya digunakan untuk mengambil gambar di gelanggang olah raga, seminar, atau foto alam seperti burung.
6.
Lensa Zoom. Merupakan gabungan banyak lensa diantara lensa standar, lensa wide angle dan lensa tele. Ukuran lensa zoom tidak fixed, misalnya 80-200 mm. Lensa ini cukup fleksibel dan memiliki range lensa yang cukup lebar. Sehingga banyak yang menggunakannya kerena pemakai tinggal memutar ukuran lensa sesuai dengan yang dibutuhkan.
7.
Lensa Makro atau close-up fotografi. Biasa digunakan untuk memotret benda yang kecil, seperti serangga atau bunga. Memiliki panjang fokus antara 50 mm dan 200 mm.

Sumber : Klik Disini

No comments:

Post a Comment